Home / Berita PKS / Dampak penundaan DAU, Pemkab Garut Cari Terobosan

Dampak penundaan DAU, Pemkab Garut Cari Terobosan

IMG-20160831-WA0025

Rabu, 31 Agustus 2016

 

Garut – Pembatalan terhadap penundaan DAU masih mungkin terjadi. DPRD Garut mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah yang proakrif dalam upaya mencari jalan keluar dari dampak  penundaan DAU 2016, hal ini disampikan Sekertaris Komisi D DPRD Garut asal PKS, Karnoto,S.Kep,M.Si pada Rabu (31/8/2016) di kantor DPRD Garut.

 

Disamping mengefektifkan manajemen kas daerah, Hari ini Wakil Bupati juga sedang konsultasi dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi dengan menemui Gubernur untuk melakukan advokasi ke Pemerintah Pusat agar penundaan transfer DAU khususnya ke Kabupaten Garut bisa dibatalkan.

 

Sehingga gaji PNS dan insentif guru honorer bisa dibayarkan full bahkan pembiayaan terhadap pekerjan infrastruktur juga bisa dibayarkan, walaupun dengan mengefektifkan manajemen keuangan daerah  gajih pns dan honorer dipastikan aman.

 

Situasi sulit seperti ini memang memaksa para kepala daerah untuk bertindak cerdas dan lincah. Dan perlu ditegaskan bahwa rencana penundaan DAU ke Garut bukan merupakan hukuman karna buruknya manajemen keuangan pemda Garut tapi justru karena kepercayaan Pemerintah Pusat terhadap Pemda Garut yang dinilai memiliki kapasitas fiscal yang tinggi dan dianggap mampu  mengantisipasi masalah keuangan jika DAU ditunda.

 

Namun untuk menjaga keseimbangan neraca keungan Bupati, Wakil bupati, Sekda dan jajarannya melakukan berbagai upaya termasuk mengintensifkan komunikasi politik dg Pemerintah Pusat dan Provinsi agar penundaan DAU bisa dibatalkan. Karena jika tidak terantisipasi penundaan DAU 2016 bisa menimbulkan gejolak di tengah-tengah masyarakat bahkan justru merupakan pembusukan bagi pemerintah pusat sendiri yang dianggap tidak matang dalam melakukan perencanaan.

 

Oleh karena itu tentu DPRD senantiasa mengawal dan mendukung terobosan eksekutif dalam mencari jalan keluar.

 

Dan atas situasi dan kondisi ini kami berharap berbagai pihak  tetaplah fokus dengan kerja -kerja produktif, jangan menyebarkan berita dan statemen tidak berdasar dan bertanggung jawab yang bisa menyebabkan keresahan di kalangan aparatur pemerintah dan masyarakat. Jadilah masyarakat mandiri yang berbudi pekerti.

 

Mari selalu berprasangka baik, kerja keras dan kerja cerdas untuk menyambut masa depan Garut yg lebih baik dan maju.

 

Kontributor : wildan

About pksgarut

Check Also

5 Nasehat Pemenangan Dakwah Buat Para Aktivis

  Oleh Syaikh Jum’ah Amin Abdul Aziz Ngelmu.com – Setidaknya ada lima pesan yang disampaikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *