Home / Info Garut / Pemda Siapkan Rp360 Juta Untuk Beasiswa

Pemda Siapkan Rp360 Juta Untuk Beasiswa

IMG-20160625-WA0026

Oleh: Igo – Radar Garut

Sabtu, 25 Juni 2016 – 18:28 WIB

 

GARUT – Sejak tahun 2015 lalu, wakil Bupati Garut Helmi Budiman telah meminta Dinas Pendidikan untuk membentuk tim seleksi mahasiswa aktif dan berprestasi anak petani, pedagang, dan lainnya yang berhak mendapatkan beasiswa dari Pemda Garut. Saat ini tim dari Dinas Pendidikan sudah dibentuk dan siap menyeleksi mahasiswa yang dianggap layak mendapatkan beasiswa tahunan dari pemerintah kabupaten Garut.

 

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman didampingi Kepala Dinas Pendidikan Garut Mahmud, mengatakan jika saat ini sudah ada tim seleksi yang dibentuk namun belum berjalan. Meski demikian ia memastikan sudah menyiapkan anggaran untuk beasiswa pendidikan tersebut sebesar Rp 360 juta yang dialokasikan bagi 60 orang mahasiswa beruntung dan berprestasi.

 

“Tim untuk menyeleksi mereka para mahasiswa yang merupakan anak pedagang, petani, dan kriteria lainnya sudah ada tapi memang belum bekerja karena targetnya mahasiswa baru tahun ini. Tapi kita sudah alokasikan dari anggaran sebesar Rp 360 juta yang diperuntukan bagi 60 mahasiswa,” ujarnya, Kamis (23/6).

 

Persyaratan utama dari mereka yang akan mendapatkan beasiswa tersebut, lanjutnya, adalah harus terlebih dahulu masuk dan lolos ke perguruan tinggi yang ada di Garut. Adapun bantuan sendiri akan diberikan untuk satu tahun dengan jumlah yang tidak sama, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah dua semester.

 

“Untuk tahun ini memang kiyta batasi untuk mahasiswa Garut yang kuliah di Garut dengan kriteria yang sudah ditentukan, insya Allah tahun depan akan ada bidik misi. Kalau mereka yang kuliah diluar Garut, aalagi di perguruan tinggi negeri biasa ada juga banyak beasiswa seperti bidik misi dan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, untuk seleksi mereka yang akan mendapatkan beasiswa menunggu tahun ajaran baru dengan persyaratan kampusnya terakreditasi B. Beasis juga ia tegaskan berlaku untuk semua jurusan kuliah, tidak mewajibkan atau mengharuskan salah satu dan fakultas khusus.

 

“Awal semester ini akan kita mulai proses seleksi, dimana mereka yang mendaftar lewat kampus akan ditest oleh tim karena pasti yang minat banyak. Informasi yang kita sebarkan memang sementara dilakukan dari kampus karena kita juga minta masukan yang akan mengikuti seleksi dari pihak kampus karena kita mencari mahasiswa yang aktif,” ucapnya.

 

Kriteria untuk bisa mendapatkan beasiswa sendiri, ungkapnya, adalah mahasiswa berprestasi dan aktif fi kampus dengan dibuktikan dari perguruan tingginya. “Tujuan utama dari beasiswa ini adalah memberikan kesempatan yang sama dimana keluarga miskin namun berprestasi bisa kuliah, tapi yang harus di ingat ini tidak ada ikatan dinas,” katanya. (igo)

About pksgarut

Check Also

whatsapp-image-2016-10-15-at-21-07-21

Hari ini Posko Hangat PKS

Hari ini Posko Hangat PKS menyapa pengungsi di Gedung bale pamington Crew poosko hangat pks …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *