Home / Berita PKS / F-PKS GARUT INGATKAN PEMERINTAH PUSAT HORMATI HAK OTDA TENTANG PERDA

F-PKS GARUT INGATKAN PEMERINTAH PUSAT HORMATI HAK OTDA TENTANG PERDA

IMG-20160616-WA0010

Kamis, 16 Juni 2016

 

Garut – Penting bagi pemerintah pusat menghormati hak otonomi daerah bagi Pemerintahan Daerah dalam membentuk Peraturan daerah yang dilindungi Konstitusi RI.”Mari kita hormati hak otonomi masing-masing daerah yang dilindungi UUD NRI 1945  Pasal 18, 18A, dan 18B dalam menetapkan perda.

Jadi Pemerintah Pusat tidak boleh langsung mencabut perda namun tanpa kajian yang matang,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kab.Garut,H.Ahab Syihabudin,S.Hi, dalam keterangan Kamis pagi (16/6/16).

 

Menurut Ahab, Pemerintah Pusat harus mengakui dan menghormati produk perda yang telah dibuat dengan tahapan proses pembahasan berdasarkan kearifan lokal masing-masing daerah. Kecuali Perda yang telah dikaji secara matang terbukti benar-benar bertentangan dengan Konstitusi dan UU di atasnya.

 

Pria asal Pananwuan ini menambahkan, dalam mencabut Perda, pemerintah harus hati-hati dan memperhatikan segala aspek, tidak hanya menggunakan kacamata untuk mengundang investasi. Pemerintah harus mempertimbangkan moralitas, norma, nilai agama, norma masyarakat daerah, dan kondisi generasi masa depan bangsa Indonesia.

 

Untuk itu, Ahab menegaskan ” Fraksi PKS Kabupaten Garut meminta kepada Pemerintah Kabupaten Garut untuk tidak merasa terganggangu oleh pemerinah pusat yang telah menyatakan pembatalannya terhadap 3000 lebih Perda yang sebagian besar cenderung melindungi nilai nilai Akhlak yang baik karena bertentangan dengan undang undang dasar 1945 juga dengan undang undang otonomi daerah. Oleh sebab itu semua perda tersebut harus tetap berlaku dan harus dilaksanakan” tegasnya.(*)

 

Editor : Abu Izzudi

About pksgarut

Check Also

5 Nasehat Pemenangan Dakwah Buat Para Aktivis

  Oleh Syaikh Jum’ah Amin Abdul Aziz Ngelmu.com – Setidaknya ada lima pesan yang disampaikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *