Home / Berita PKS / “Ngubek Balong” Silaturahmi Penjemput Rezeki

“Ngubek Balong” Silaturahmi Penjemput Rezeki

balongLangit sore itu kelihatan mendung, nampak hujan akan segera turun. Hembusan angin menambah suasana sore perlahan menjadi teduh. Namun disisi lain nampak berbeda, ramai dengan riuh rendah suara kumpulan orang disekitar balong (baca kolam ikan). Mereka adalah orang dewasa, laki-laki dan perempuan. Begitu juga anak-anak menyemut dan memandang dengan suka cita suasana tersebut.

Hari itu Ahad, 1 Mei 2016 pukul 16.30 bertempat di Rumah dan juga Kolam ikan milik KH. Cep Ahmad Mukhtar, Lc, MA, kp. Pakuwon Desa Pakuwon RT02 RW05, digelar acara Ngubek Balong sebagai bagian acara Milad atau ulang tahun PKS yang ke 18 dan juga Reses Aleg DPR RI, yaitu Muhammad Sohibul Iman, PHD. Beliau juga adalah sebagai presiden PKS.

Iringan musik rebana dari kelompok ibu-ibu menyambut kedatangan presiden PKS. Begitu sang presiden turun dari mobil dan menginjakan kakinya, barisan penyambut sudah membuka tangan dengan senyum lebar, seakan menghapus rasa penat penantian dari jam dua siang tadi. Suasana sangat ramai dan meriah bak pesta besar.

Ya, Presiden PKS ini lah yang akan membuka acara. Presiden PKS yang biasa disebut dengan inisial MSI, langsung ke tempat ngubek balong dan menyampaikan beberapa pesan singkat, diantaranya adalah Ngubek balong ini sebagai bagian dari upaya mempererat silaturahmi antara dirinya dengan warga sekitar. Jangan dilihat ikannya ya, tapi lihat proses silaturahmi kita ini, ujarnya. Bahkan untuk semakin memeriahkan suasana MSI juga akan memberikan hadiah uang bagi si penangkap ikan terbesar. Bagai peribahasa, sekali menangkap ikan besar, 100 ribu uang bisa di dapat. Ikan terbesar itu adalah ikan lele yang juga secara langsung dilepas MSI.

Ngubek Balong adalah mengambil ikan di kolam secara beramai-ramai dengan alat seadanya, dapat dengan tangan kosong, pakai saringan bambu atau juga bahkan dengan ember dan baskom. Ngubek Balong bagi warga pakwon adalah aktifitas yang menyenangkan, kombinasi dari hiburan dan juga mencari rezeki dengan murah meriah, gratis asal mau turun ke kolam dan basah-basahan. Mau orang dewasa bahkan anak-anak, semua bebas. Kalau juga ikan tidak dapat diambil, jurus terakhir adalah kuras kolam. Semua pasti tersenyum bahkan berteriak Ha ha ha, karena dapat ikan.

20160501044032Tradisi kali ini memang berbeda karena dibalut dengan silaturahmi pucuk pimpinan pusat PKS yang juga disertai dengan tokoh PKS Garut. Sebut Saja yang hadir Ketua DPD, Sekum PKS, Aleg DPRD dari PKS dan juga tidak tanggung Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, dengan seluruh warga yang hadir.

Kesempatan memang tidak datang dua kali, maka harus dimanfaatkan. Itulah kira-kira yang dipikirkan warga. MSI pun langsung diminta berpose kendati sedang bersila menikmati gorengan/bakwan hangat dengan sambal tomat khas Pakuwon. Geser sana, geser sini sambil tebar senyuman. Tak mau ketinggalan, giliran Wakil Bupati Garut akhirnya harus rela dipaksa berpose angkat jempol kiri, juga angkat jempol kanan. Mantap, yang penting warganya gembira.

Menjelang maghrib acara pun berakhir, para tamu pamitan pada sohibul hajat. Momen terakhir adalah photo bersama. Jepret, jepret, jepret. Terima kasih semuanya, senyum lebar sang kiyai. Senang dan Bangga rumah dan keluarganya dapat dikunjungi Presiden. Apalagi ini adalah Presiden PKS.

Oleh Adi Nugraha, S.Pi

About pksgarut

Check Also

5 Nasehat Pemenangan Dakwah Buat Para Aktivis

  Oleh Syaikh Jum’ah Amin Abdul Aziz Ngelmu.com – Setidaknya ada lima pesan yang disampaikan …

One comment

  1. Wah asyik tuh dapat ikan sekaligus renang. Hehe. Tapi kolamnya hitam bangets. Spa ga pada mabok itu ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *